Sabtu, 06 Februari 2010

Edisi Februari

Banyak orang di Negara ini, terutama yang muda, memaknai bulan februari sebagai bulan cinta dan kasih sayang. Penyebabnya tak lain adalah Hari Valenine (Valentine’s Day) yang jatuh pada tanggal 14 februari. Macam-macam hal dilakukan orang-orang yang merayakannya. Mulai dari berpesta, berkencan, berbagi kado atau sekedar saling mengirimkan ucapan selamat melalui bebagai sarana komunikasi. Bermacam acara sejenis kontes atau kompetisi yang bertema cinta pun marak diselenggarakan oleh berbagai pihak untuk memriahkan bulan ini.


Hari Valentine bukanlah sebuah perayaan keagamaan atau perayaan adat dari umat dan etnis yang ada di Indonesia. Namun anehnya, perayaan Hari Valentine di Indonesia sering kali tampak lebih meriah dibandingkan perayaan hari besar keagaamaan maupun perayaan adat. Ia disemarakkan oleh orang-orang dari berbagai agama, berbagai etnis, berbagai golongan, dengan berbagai cara. Latahkah orang-orang Indonesia yang ikut-ikutan merayakan Hari Valentine, tanpa mencari tau seluk-beluknya terlebih dahulu?

Itu tergantung pandangan anda.


Terlepas dari segala pandangan—yang tak jarang saling bersebrangan—tentang kebiasaan merayakan Hari Valentine, cinta dan kasih sayang memang merupakan hal universal yang tak bisa dijauhkan dari kehidupan kita semua. Cinta dan kasih sayang itu tak hanya terbatas pada pasangan seperti pacar dan suami tau istri, tetapi bisa lebih luas. Misalnya cinta pada lingkungan; atau pada produk lokal dan budaya negeri sendiri.

Tentu saja, tidak semua yang mengatas namakan cinta sudah pasti benar. Ada juga cinta yang sebaiknya dihindari, seperti kecintaan berlebihan terhadap diri sendiri dan kecintaan berlebih pada barang-barang yang dimiliki sampai-sampai tidak mau membuangnya, yang ternyata adalah sejenis mental disorder.


Yah, cinta dan kasih sayang itu memang memiliki berbagai rupa. Tapi idealnya, cinta dan kasih sayang itu seharusnya kita tebar di manapun, pada siapapun, serta di setiap waktu; jangan cuma di satu bulan tertentu saja.

sumber gambar

Categories:

4 komentar pembaca :

Cermin Community mengatakan...

fenomena merayakan valentine adalah sebuah geliat budaya yang nampaknya tak terhindarkan. di jepang valentine pun telah menjadi semacan hari besar yang wajib dimeriahkan.

salam hangat.

Tukang Sampah mengatakan...

iya, banyak orang latah di negara ini. sepertinya...

selamat membuat tugas :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

sebenarnya tiap hari adalah hari kasih sayang.

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

setuju sama semuanya :)