Minggu, 21 Februari 2010

Isu global warming memang sudah tidak hangat, tapi siapa bilang bumi kita sudah semakin dingin?


Gembar-gembor global warming sudah pudar dari media, tergusur oleh artikel tentang isu ekonomi dan politik. Pada kenyataannya bumi kita belum membaik. Perubahan iklim masih berlanjut dan masih membawa dampak merugikan bagi banyak orang. Pelelahan es di kutub, perluasan padang pasir, juga punahnya flora dan fauna tertentu masih terjadi. Dan gas rumah kaca masih terus bertambah menyesaki atmosphere kita. Padahal seharusnya, cinta kita pada planet ini tidak boleh sampai pudar.

Seperti dalam hal mencintai orang lain, mencintai planet bumi juga tidak cukup hanya diucapkan, tidak cukup hanya digalakkan sekali dua. Ia harus berkelanjutan diwujudkan dalam tindakan nyata.

Ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan cinta kita pada planet biru ini. Dan apa yang kita terapkan dalam kegiatan sehari-hari ini, dapat membawa perubahan.


1. Sampah

Mulailah dengn kebiasaan memisahkan sampah organic dari sampah anorganik. Sampah organic di rumah dapat kita busukkan dengan keranjang atau karung goni untuk dijadikan pupuk kompos. Kemudian pupknya dapat dimanfaatkan untuk tanaman yang kita punya di halaman.


Kebiasaan memisahkan sampah organic dari yang anorganik saat membuang sampah di tempat umum juga akan membantu para petugas kebersihan dan dan pendaur-ulang. Tentu saja pada akhirnya ini akan membantu mengurangi volume tumpukan sampah di kota kita sehingga lingkungan menjadi lebih bersih dan asri.


2. Air

Sebisa mungkin kurangi kebiasaan mengkonsumsi air kemasan. Selain karena biaya produksi per-liternya mahal, limbahnya juga tidak baik bagi lingkungan. Mengkonsumsi air yang dimasak sendiri di rumah jauh lebih hemat. Kita juga bisa menyimpan air yang dimasak ke dalam botol yang bisa digunakan berulang kali. Membawa botol air dari rumah saat berpergian juga bagus kan?


Mandi dengan bathtub adalah yang paling boros diatara semua cara mandi. Untuk mengisisnya saja dibutuhkan sekitar 15 meni hingga penuh ratusan liter. Belum lagi air yang dibutuhkan untuk membilas badan. Selain airnya banyak terbuang, listrik yang dipakai untuk mengalirkan airnya juga besar. Mandi yang paling hemat adalah dengan shower. Bila memakai gayung, biasakan untuk membatasi 5-6 gayung saja untuk membasahi tubuh, dan 8-10 gayung saja untuk membilas.


3. Listrik

Biasakan untuk mematikan lampu yang tidak terpakai. Jangan takut memati-nyalakan lampu akan membuat lampu cepat putus, sebab ia memang tidak memengaruhi umur lampu. Selalu gunakan lampu hemat energy dan optimalkan memanfaatkan cahaya matahari saat siang dengan membuka jendela.


Hal kecil lain yang sering kita lupa lakukan misalnya tidak mencabut charger yang tidak dipakai. Padahal charger yang terpasang akan tetap mengkonsumsi listrik meskipun tidak kita pakai mengisi batrai. Jadi charger sebaiknya langsung dicabut begitu selesai mengisi batrai.



Nah, tidak terlalu sulit, kan, untuk menunjukkan cinta kita pada planet bumi ini? Semoga bumi juga akan membalas cinta kita dengan terus menyuguhkan keindahannya, dan mengijinkan kita hidup tentram di permukaannya.


Dari berbagai sumber
Categories:

16 komentar pembaca :

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Bumi ini bukanlah warisan dari nenek moyang kita, tapi pinjaman dari anak cucu kita yang harus kita kembalikan kelak dalam keadan bersih tanpa tercemar.
Makanya kita harus menjaganya.

AISHALIFE-LINE mengatakan...

wah.semua di atas itu,sering tidak aku lakukan.nice post.

kebookyut (DiVe) mengatakan...

wah km cinta ligkungan jg y... hebat.. teruskan ra-kun.. kok namanya rakun sih?

Fi_kanvas virtual mengatakan...

yang mudah saja soal irit listrik masih trasa berat jalaninnya, apa lagi ngelola sampah.

hmmm, posting yang mengingatkan.

Amdhas mengatakan...

salam persahabatan,,
artikel yang bermanfaat sobat,,kalau bukan kita yang berbuat siapa lagi,,jagalah planet bumi ini

angger mengatakan...

malem sahabat,
sudah sepantasnya kita menjaga dan memelihara bumi kita ini

Hijau Lumut mengatakan...

Nice post, Ra-Kun!
Kebetulan aku lagi packing barang buat pindahan dan mendapati banyak kresek ga kepake. Fyuuuh.... Padahal sampah plastik kan lama banget baru terurai... Hmmm... lain kali mesti bijak nih kalo mau pake kresek dan kalo bisa kalo blanja bawa tas sendiri....

readhermind-dy mengatakan...

kasian bumi
:(

mocca_chi mengatakan...

point yg nomer 2 ak banget, ke kantin bawa air botolan yg diambil dri dispenser wkwkwk

harto mengatakan...

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

dari sekarang kita harus benar2 menyelamatkan bumi... untuk anak cucu kita nanti

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tks sudah mengingatkan

chugie mengatakan...

good info.. sekarang ni memang sangat teruk keadaan bumi kite.. jom sama2 menjaga!

ninneta mengatakan...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

masalahnya byk orang tak peduli akan hal ini.

Cermin Community mengatakan...

sebagai orang yang mengetahui pentingnya, kita mesti memberi tahu kawan-kawan kita yang lain supaya mau ikut menjaga bumi :)

genial mengatakan...

go green... klu bukan kita, sapa lagi yg mau perduli :(