Jumat, 26 Februari 2010





Indonesia, konon adalah negeri yang indah dengan berjuta kebaikan. Sehingga mudah bagi banyak turis untuk mencintai Indonesia sebagai tempat wisata. Namun kita sendiri yang berkebangsaan Indonesia, masihkan mencintai negeri ini, saat kita melihat begitu banyak bobroknya?

Sebagai warga negara, sudah sepatutnya kita mencintai negeri sendiri. Dan kecintaan itu tentu tak cukup sebatas diucapkan. Jadi, hal-hal apa sajakah yang kita cintai dari Indonesia? Dan bagaimana cara kita menunjukkan kecintaan itu? Kami mengajukan dua pertanyaan ini kepada beberapa orang mahasiswa yang dipilih secara acak. Berikut jawaban versi mereka. Kalau jawaban versi anda?





Novia (19, Universitas Negeri Padang)

Yang dicintai dari Indonesia Budayanya yg bragam, dan batik.



(pertanyaan ke-2 ini kayak soal ujian KWN kemaren..)

Hm..gimana ya?

Mungkin dg mmcintai/memakai barang2 hasil produksi dalam negri, melestarikn budaya yg bragam, jangan terlalu mengeksploitasi SDA yg qt miliki,mesti dijaga dan dlestarikn.





LeiLy (18, Universitas Andalas)

untuk pertanyaan yg 1st:

yg paling aku suka dr Indonesia itu budaya na,

budayana kan beda" tu tiap daerah,begitu jg bahasa na..

lucu" kan,

truz makanannya,kepribadian orang Indonesia yg ramah dan murah senyum..

tempat wisatana yg keren"



untuk prtnyn 2nd:

cara na dg melestarikan budaya,menjaga sumber daya alam ex:minyak bumi gas alam dll)

itu kali ya!





Ririn (21, Universitas Andalas)

Yang disuka dari Indonesia Alam n kbudayaan na!

Ehmm,cara nunjukin kcintaan ma Indonesia c gampang aja..

Lestarikan kebudayaan na,jaga alam na,n ngabdi ma Indonesia!











Yuli (21, Universitas Islam Riau)

Yg paling sy suka tentang Indonesia adalah budayanya yg beraneka ragam, dr Sabang sampe Marauke tiap daerh mempunyai kekhasan daerah masing2, dn semua kebudyan itu setidaknya sekarang sudah terkenal dimana2, khususnya kebudayan Riau, suatu tarian Rentak Bulian yg sekarang telah diketahui oleh khalyak ramai,



membuktikn bahwa kita memang benar cinta dgn negri ini adalah dgn cara membantu negri ini membudidayakan kebudayan, kekayaan, baik SDM atau SDA kita, tiap apa yg kita punya dn yg kita lakukan sekarang adalah untuk negri kita, jgn sampe kebudyan kita diklaim lg, dn orang2 /anak2 Indonesia yg pintar atau ahli dlm bidangnya setidaknya bs menyumbangkan ilmunya untuk Indonesia, tp smua itu tergantung pd individunya masing2,



itulah yg ada di pikiran sy setelah melihat semua yg telah terjadi di negri ini

habisnya Yuli udah pusing dgn ngri ini yg makin tak jelas , mau dikemanain negri ini kalau tiap masalah selalu ricuh baik dlm maupn luar ruangan.





Muhammad Adek (21, Unand)

*SAYA CINTA INDONESIA dgn 250juta Alasan yg mengiringi saya

saya cinta indonesia karna Indonesia mempunyai rekor penduduk beragama muslim terbesar di dunia.

saya cinta Indonesia dgn kekayaan suku, ras, warna kulit, kebudayaan dan bahasanya yang tiada duanya.

saya cinta Indonesia dengan segala faktor sejarah yang menapaktilasinya

Saya cinta Indonesia dengan berjuta keajaibannya.

Saya cinta Indonesia karna saya lahir di Indonesia!



*Maaf,jika ngawur!

Caranya?

Saya akan berusaha berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tatanan yang ada.

Saya akan menjaga budaya Indonesia dengan ikut serta melestarikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dan saya akan siap jika jadi Duta Promosi Indonesia ke luar ataupun ke dalam negeri.

*kembali k zaman SMA. Hehe





Wendi (20, Politeknik Negeri Ujung Pandang)

1. yang paling gue suka dari Indonesia:

- 3 in 1 aja bisa jadi mata pencaharian banyak orang? di negara laen mana ada?

- orang2 Indonesia tuh sebenernya pantang menyerah! buktinya pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar yang udah digusur berkali-kali, tetep aja kekeuh! tentara aja mah kalah!

- apalagi ya? oiya, budaya cium tangan orangtua. kayaknya gak ada di negara laen deh!

- umm, mo lebaran, natal, imlek, tahun baruan, pasti rame! gak banyak kayaknya negara yg bs kyk gtu ..

2. untuk pertanyaan ini, gue speechless ..

hhe*





Maya (20, Politani Negeri Payakumbuh)

yang dicintai dari Indonesia itu ras/suku: hanya di Indonesia yang mempunyai beragam suku bangsa/ ras.



misalnya , mama kamu org padang , papa kamu orang jawa ...trus , dapet pacar orang papua ... haha :))



hebatkan Indonesia .. negara lain mana ada yang punya adat - istiadat yang beraneka ragam , seperti yang ada di Indonesia .





Delovita (22, Universitas Sumatera Utara)

yg De suka dari indonesia :



De suka makanannya...

sate padang oke...

soto medan mantap...

gado-gado jogja ya?enak tenan...

dan banyak lagi makanan yg to markotop...

hahaha





Merna (21, Universitas Negeri Riau)

Assalamu'alaikum wr.wb



Kalau boleh menambahkan,

Merna jg suka dg bahasa dr tiap daerah yg beraneka ragam,,

seandainy dlm 1 ruangn ada org2 dr tiap suku bangsa, & berbicara dgn bahasanya msg2, bs dibayangkan bagaimana indahnya untaian nada yg bs dinikmati..he



truz qt jg punya peluang untuk bikin kamus berbagai macam bahasa tsb..^^



Kalo cara mencintainya,

dgn melakukn yg terbaik,,

cintai produk Indonesia,,

dan ubah pandangan jelek org2 thd Indonesia..

Misalnya org Indonesia dikenal gak suka antri,

buktikan kalo qt bs antri..:-)

membuktikan kecintaan :

perhatian,dukung dan support,melakukan yg terbaik...





Delvina (18, calon mahasiswi)

Yg Vina suka dari Indonesia yaitu keseniannya..



Truz cara menunjukkan kecintaan.. Vina punya cita2 pengen ngebuat lapangan pekerjaan neh.. Coz, gak enak bgt ngeliat pengangguran di Indonesia..lapangan kerja Apa ja..

Y.. Sesuai kemampuan.. dan sesuai ntar ditrima di jurusan apa...

Insyaallah jrsan yg baik..

Amin..

Doaen ya.. Hehe..





Fitri (21, Unand)

yang paling disuka tu kpintaran orang indo wadh korupsi and demo...heheheh















Abdul Khalik (21, Universitas Andalas)

yang paling saya sukai dri indonesia adalah keaneka-ragaman budaya nya. . knpa? karna indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau (katanya) yang memiliki aneka ragam budaya. contoh nya saja tiap daerah itu punya baju daerahnya, punya lagu daerahnya, punya rumah adat, bahkan bahasa daerahnya. namun walaupun terdiri dari berbagai budaya, indonesia dapat bersatu, baik sebelum kemerdekaan dan setelah kemerdekaan. adanya sumpah pemuda juga membuat keaneka-ragaman tersebut menyatu.



bukti kecintaan kita terhadap NKRI adalah dengan tetap melestarikan budaya-budaya yang ada di indonesia, baik itu budaya daerah dan jga nasional. sebaiknya



***

Categories:

29 komentar pembaca :

faza mengatakan...

^_^v

annie mengatakan...

Saya mencintai Indonesia, karena disinilah saya lahir, tumbuh dan besar. Tanahnya kupijak, airnya kureguk, udaranya kuhisap, langitnya kujunjung, anginnya kudekap. Aku cinta semuanya. Aku sedih melihat semua yang 'hilang' dari Indonesia sekarang : hutan, harga diri, cinta, persahabatan. Tidak hilang semuanya, semoga, sebab saya (bersama semua ibu) akan bergerak untuk Indonesia. Caranya? Melahirkan anak-anak masa depan Indonesia yang cerdas dan berakhlaqul karimah! Yang akan membangunkan Indonesia kembali. Tegak bersama harga diri yang tinggi.

hehe ... semangat skali ya!

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

dg bekerja yg baik, tidak korupsi, tidak suka merusak sarana publik, itu salah satu hal bhw kita cinta Indonesia.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

termasuk ngeblog dan menulis artikel2 yg membangun. bukan artikel yg mengadu domba.

Darin mengatakan...

I love Indonesia ya because I am an Indonesian.
Ngga lebih dari itu :)

Clara Canceriana mengatakan...

saya cinta indonesia karna saya lahir di sini ^^

ola mengatakan...

HIDUP INDONESIA
haha

bhs di indonesia sm suku dan kebudayaanya itu emg KEREN bgt deh :D

Elsa mengatakan...

coba deh tinggal di negera lain selama seminggu aja.
pasti kangen sama Indonesia...

seocetek mengatakan...

biar bumi berguncang kau tetap Indonesiaku selamanya cinta

catatan kecilku mengatakan...

Aku mencintai Indonesia, karena aku telah mendapatkan banyak hal darinya selama ini.
Oleh karenanya, aku ingin melakukan yang terbaik yang bisa aku lakukan untuk bangsaku ini.

........................... mengatakan...

Nah yang kaya gini ini yangh bermutu...kita adakan penelitian di lapangan dengan target para pemuda...bener ndak mereka itu cinta tanah air...atau hanya di makan hasutan saja dengan alasan cinta tanah air.....sebuah pertanyaan yang sulit sekali saya jawab bila melihat judul post ini.....

AISHALIFE-LINE mengatakan...

I love Indonesia too bro.Mantab dah,bangga ndengarnya...

Tatang mengatakan...

Kalo Bagi saya sih bukan apanya yang kita cintai dari Indonesia atau bagaimana cara menunjukan cinta kita sama Indonesia, tapi lebih pada aspek bagaimana sih supaya Indonesia itu dicintai dan dibanggakan oleh dunia?
Maaf nambah soal nih yah?

Abdul Malyk mengatakan...

sbelum kau mencintai INDONESIA, cintailah dirimu sendiri sebagai bangsa INDONESIA..

^_^

faiza mengatakan...

aku cinta indonesia, aku bangga jadi orang indonesia..

merdeka!!!

neno mengatakan...

saya ingin, tapi ada beberapa hal yang menghalangi, salah satunya lihat di http://beranitahu.blogspot.com/2010/03/masihkah-ada-negara-bernama-indonesia.html

Indonesia? apa?

richo mengatakan...

saya cinta karena ini merupakan tempat aku memijakkan kaki yang pertama setelah dari perut ibu, apapun keadaannya yang terpenting ayo tingkatkan kualitas pribadi kita masing2( ga usah jauh2 dulu )yang pastinya kalo penduduknya berkualitas negara juga ikut berkualitas. ga cuma intelegensi tapi moral juga lho hehehe

Qori mengatakan...

Saya juga cinta Indonesia,,,

kalau ditanya kenapa???

Nasionalisme lah jawabannya, ya gak?

readhermind-dy mengatakan...

aku cinta rupiah, biar dolar dimana-mana..

:p

Putra mengatakan...

berkunjung, ditunggu kunjungan baliknya

Ladyulia mengatakan...

I love indonesia
gak rugi kok cinta sama negeri kita sendiri
klo bukan kita, siapa lagi????

KucingTengil mengatakan...

Hmmm... aku mencintai negaraku karena di wajibkan dalam agama untuk mencintai, mmebangun dalam kebaiakn, melindungi dan membela negara tmp kita lahir dan berkembang

richo mengatakan...

indonesia raya negara ku yang perlu aku jaga selalu....

CRAZYBEAUTIFUL88 mengatakan...

aku cinta negara ku, memasing kenalah cinta negara sendiri kan

Mauren mengatakan...

aku cinta indonesia karena disini aku tumbuh,
karena disini aku belajar banyak hal,
karena disini aku dapat berbagi dengan teman2 dan sodara2ku,
dan karena disini aku mengerti bangaimana menghargai apa yang kita punya,

:)

munir ardi mengatakan...

aku mencintai Indonesia apapun adanya disana aku dilahirkan dibelai dan dibesarkan bunda, temapat ayah dan bunda berpulang, disana aku hidup meski orang-orangnya bobrok sekalipun yang aku nggak ikutan bobrok

blogger pinrang mengatakan...

saya cinta Indonesia karena kekayaan alam dan adat istiadatnya. wujud cinta adalah memaksimalkan potensi yang ada untuk menutupi kekurangan bangsa kita.

Cermin Community mengatakan...

kami cinta indonesia juga :)

kapan update kawan?

shameel Iskandar mengatakan...

Saya orang Malaysia. Tapi saya turut menyukai Indonesia sebab ia mempunyai penduduk islam teramai di dunia. saya kagum dengan ulama-ulama dari Indonesia seperti Buya Hamka, M.Natsir dan lain-lain lagi. Yang pasti Indonesia dan Malaysia mempunyai banyak persamaan. Dari segi agama, budaya, dan macam-macam.