Kamis, 13 Februari 2014

Seringkali kain pakaian menjadi mengkilap setelah disetrika dengan setrika biasa (dry iron). Sebabnya adalah karena setrikaan yang terlalu panas, yang menyebabkan kain terbakar dan akhirnya jadi mengkilap. Tentu saja kain yang mengkilap seperti itu akan membuat pakaian terlihat kurang bagus.

image from random google search

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah kain mengkilap karena setrika:
11. Pisahkan pakaian berdasarkan jenis kainnya, lalu setrikalah masing-masing jenis kain dengan panas yang sesuai. Penyebab kain mengkilap yang paling sering adalah karena disetrika dengan panas yang lebih tinggi dari panas yang disarankan untuk jenis kain tersebut. Tentang jenis kain dan panas yang disarankan untuk menyetrikanya, biasanya dapat dilihat pada label di pakaian. Akan lebih baik jika kita menyetrika mulai dari jenis kain yang membutuhkan panas paling rendah terlebih dahulu. Misalnya kita memiliki dua jenis kain, sintesis dan katun. Mulailah dengan menyetrika pakaian berkain sintesis yang membutuhkan panas lebih rendah, setelah selesai baru naikkan panas setrika untuk menyetrika pakaian berkain katun. Dengan begini kita akan menghindari resiko menggosok pakaian dengan panas yang terlalu tinggi untuk jenis kainnya.

22. Untuk pakaian yang tidak kita ketahui jenis kainnya atau panas yang disarankan untuknya, kita bisa menghindari resiko membuatnya mengkilap dengan menggososk bagian dalamnya. Agar lebih aman lagi, usahakan untuk mengatur panas setrika pada level rendah terlebih dahulu, dan naikan sedikit demi sedikit jika belum mencapai panas yang ideal untuk membuat pakaian rapi.

33. Cara lain yang bisa diambil jika kita tidak bisa membuat pakaian rapi sempurna dengan menyetrika bagian dalamnya saja, adalah dengan menggunakan pelapis ketika menyetrika bagian luar kain. Pelapis ini bisa berupa sehelai kain lain atau bahkan selembar koran. Dengan menggunakan pelapis, permukaan setrikaan yang panas tidak akan bersentuhan langsung dengan permukaan pakaian, sehingga resiko mengkilap lebih kecil.

44. Cara terakhir yang juga tidak kalah mudah adalah dengan menggunakan semprotan pelembut/pelican pakaian. Selain karena mempercepat proses menyetrika sehingga kain tidak perlu lama bersentuhan dengan panas, semprotan pelembut/pelican pakaian yang mengandung air juga membantu mengurangi panas di permukaan kain.

Catatan Kaki:
Kali ini menulis tentang cara merawat pakaian, karena kesal dengan jasa laundry yang ada di sekitar tempat saya tinggal. Pernah ada yang bikin celana jeans saya tertukar dengan celana orang, pernah ada yang membuat tali jaket saya rusak, dan pernah juga ada yang membuat pakaian saya mengkilap karena kepanasan setrika. Makanya saya jadi ari-cari tahu tentang cara merawat pakaian sendiri suapaya tak perlu coba-coba ke laundry yang akhirnya selalu kecewa.
Ngomong-ngomong soal pakaian, jenis pakaian yang paling saya suka adalah cardigan. Sayangnya beberapa cardigan saya sudah mulai usang, dan bahkan ada yang hilang! Sayangnya lagi, di Padang agak susah mencari tempat yang menjual cardigan, entah kenapa. Jadilah belakangan ini saya sering browsing Zalora buat lihat-lihat cardigan. Kelihatannya banyak yang bagus dan cukup terjangkau. Tapi justru karena banyak yang bagus jadi agak galau memilih, hahaha. Mudah-mudahan segera nemu yang sesuai.
Categories:

11 komentar pembaca :

Ami mengatakan...

Nyetrika ada tekniknya ya

Jarwadi MJ mengatakan...

blog nya bagus, menarik banget isinya

yuk daftarkan blog ini ke program afiliasi access trade, untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari blog ini

mendaftarnya di sini:

http://goo.gl/YpyhYD

salam

Muhammad Affip mengatakan...

hahaha... daripada londri mending nyuci sendiri

Sue.. mengatakan...

>>
haluuuuu..Rian,
he he hee..aku jd geli baca catatan yg tentang laundry..
aku jg pny pengalaman yg ngeselin ketika berhubungan dgn jasa laundry..
untuk yg berat2 n bikin malas setrikanya..aku selalu pakai jasa laundry..tp ya begitulah..kdg kalau pas masukkinnya banyak..suka ada yg hilang..sadar nya kalau keingetan mau pakai baju itu..dicari sanasini kok ga ada..pasti dech di laundry..di komplain jg percuma..alasannya kebawa ma customer lain..ya sudah relakan saja..
aku hanya heran..kok yg nerima baju keselip punya orang..kok ga mau balikkin yaa..masa sich ga tau kalau itu baju orang lain..

mak beL mengatakan...

Asisten rumah sudah sejuta kali diingatin soal cara nyetrika spy gak mengkilap - menyetrika bagian dalam pakaian.....tapi berulang kali juga donk nyetrika sampai pakaian mengkilap itu.

Gemeus-jengkel-pasrah. Tapi asisten orgnya jujur. Jadi galau kan.

Ninda mengatakan...

beneran oke tipsnya buat anak kos ya ri haha

Bung Sigit mengatakan...

aku malah jarang menyetrika pakaian, kalau mau menghadiri acara resmi atau kondangan, baru pakaian yang akan dikenakan aku strika terlebih dahulu.. :)

Septi Ika Lestari mengatakan...

baru tahu, haha dan yang ngasih tahu laki-laki, kalah sayaaa :))

Edo Musran mengatakan...

Halo brooo..,
apa kabar?????

maaf yaa.., dah lama nih saya vakum.., 3 tahun bro..., hehehe..
ternyata blog saya masih ada.,
ni, belakangan baru muali update lagi,

makin rame aja blognya bbro..,
o ya, nulis blog english juga ya broo..,
masih 3 posting...,
semangat ya bro..,

Ninda mengatakan...

oh iya selama ini nggak kepikiran
tapi jarang setrika sih krn kain bajuku kebanyakan gampang rapi

lazu iana mengatakan...

salam kenal...
infonya membantu..oya apakah cara menyeterika semua aksesoris baju sama seperti ini termasuk kaos kaki muslimah murah yang saat ini banyak peminatnya...