Jumat, 15 Juni 2012

Twitter adalah salah satu situs jejaring sosial yang banyak dipakai. Pada dasarnya, Twitter sendiri merupakan situs penyedia layanan microblogging yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan membaca posting berbasis text dengan panjang maksimal 140 karakter. Karena keringkasannya, banyak orang menganggap cara twitteran itu lebih praktis daripada cara facebookan. Nah, meskipun kapasitasnya terbatas, namun Twitter tetap diminati oleh jutaan pengguna internet. Ini tentu saja karena Twitter memiliki keunikannya tersendiri, yang tidak ada pada situs sejenis. Salah satu keunikan Twitter yang paling dikenal adalah Trending Topic-nya.

Sebuah kata atau frasa akan dikategorikan sebagai Trending Topic jika ia banyak disebut atau di-tag oleh pengguna, melebihi tag yang lain. Biasanya, suatu hal menjadi Trending Topic karena ada kejadian yang membuatnya ramai dibicarakan orang. Dengan adanya Trending Topic ini, kita jadi dapat mengetahui hal-hal apa saja yang sedang terjadi dan menjadi terkenal di dunia saat ini. Karena sifatnya real time dan lingkupnya global, Trending Topic dapat menjadi ukuran popularitas sutau topik atau seorang selebriti. Bahkan, Trending Topic di Twitter sering menjadi acuan bagi berita di media massa.

Selain Trending Topic Worldwide yang meliputi seluruh dunia, terdapat juga pilihan Trending Topic Lokal. Ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui hal yang sedang hangat dibicarakan di tempat-tempat yang spesifik; misalnya Trending Topic Indonesia, atau bahkan Trending Topic di kota-kota yang ada di Indonesia. Bagi yang belum mengetahui, saya akan berbagi cara membuat Twitter terseting pada Trending Topic lokal.

1.    Di bagian samping halaman Twitter terdapat beberapa menu, di antaranya adalah trending topic. Untuk mengubahnya cukup dengan meng-klik tulisan "change" (untuk halaman berbahasa Inggris), atau tulisan "ubah" (untuk halaman berbahasa Indonesia).

2.    Setelah itu, akan muncul menu pilihan lokasi trend (lihat gambar dibawah). Klik pada nama negara yang diinginkan, misalnya Indonesia.

3.    Kemudian, akan muncul lagi menu pilihan berdasarkan kota. Silakan klik pada nama kota yang diinginkan, namun jika hanya menggunakan pilihan Indonesia saja dan tidak memilih kota juga bisa.

4.    Pastikan pilihan yang diinginkan telah tercentang (√). Jika sudah selesai jangan lupa klik tombol close (x) di pojok kanan atas. Sekarang Trending Topic Indonesia telah bisa dipantau. Jika sewaktu-waktu setting Twitter ini ingin dirubah lagi, caranya sama.


Nah, semoga ada manfaatnya. Dan jangan lupa follow Twiter saya :)
Categories:

12 komentar pembaca :

Khusnul Khotimah mengatakan...

Saya bahkan enggak menyukai twitter seperti saya menyukai Blog :D

Muhammad A Vip mengatakan...

saya nggak aktif di twitter sob, paling sesekali ngetwit.

uli mengatakan...

jarang update twitter, lebih seru ngeblog .

TABUHGONG mengatakan...

Met kenal sob, saya jarang juga main twiter. Thanks ya

yadi baroos mengatakan...

aku jarang di twitter, karena lebih asyik cuap-cuap di blog dan FB

Faizal Indra kusuma mengatakan...

Kalo itu sih aku juga tau :)

admin mengatakan...

sama ditwiter ane juga gak aktive dan trimakasih sudah berkunjung di blog saya

RIAN Ra-kun mengatakan...

@semuanya:
ya semoga kalau nanti pakai twitter dan lupa cara lihat trending topic bisa ingat lagi dengan baca artikel ini :)

Dihas Enrico mengatakan...

jarang twitteran jd ga terlalu memperhatikan hal tersebut...
:)

anyu23 mengatakan...

wah, qu belum pernah liat d'bagian profil akun twitter ya. mau nyoba

anyu23 mengatakan...

itu d'profil twitter ya? mau coba

Bunda Firzha mengatakan...

iya,... selama ini yang menjadi pemberitaan di internet soal trending topik pasti yang berasal dari twitter